Cara Cerdas Mengatasi Ayam Bloiler Lumpuh

Kelumpuhan pada ayam sudah tidak asing lagi bagi mereka para peternak bahkan sudah menjadi keluhan umum. Ayam lumpuh memang sering datang pada tiap periode pemeliharaan. Kelumpuhan pada ayam biasanya terjadi pada umur 1 bulan keatas, lumpuh parah bisa sampai 50% dari populasi.

Pola pemberian pakan dan kualitas pakan juga berpengaruh pada terjadinya kelumpuhan ini. Tidak seimbangnya nutrisi yang diberikan ke ayam akan sangat berpengaruh. Maka dari itu keseimbangan nutrisi akan sangat penting untuk kesuksesan ternak ayam broiler anda. Misalnya saja ayam untuk pertumbuhan saraf dan dan tulang banyak memerlukan mineral dan vitamin, sedangkan untuk pertumbuhan otot memerlukan protein yang cukup. Ketidak seimbangan akan memicu defisiensi nutrisi yang bisa mengakibatkan pada pertumbuhan organ yang tidak sinergi.

Apa sebenarnya menyebabkan kelumpuhan itu??

Jawabannya :

  1. Genetik (keturunan), juga menyebabkan kelumpuhan pada ayam broiler. Keturunan yang tidak baik, dan berkualitas serta sudah terserang penyakit kelumpuhan akan mengakibatkan struktur tulang tidak tumbuh dengan baik.
  2. Infeksius, juga penyebab kelumpuhan pada ternak ayam broiler. Biasanya penyebab kelumpuhan ayam broiler, sepertiColibacillosisis,Chronic respiratory, Disease (CRD), KoleradanStaphylococosisserta infeksiReovirusdanNewscastle dieses (ND).
  3. Rendahnya mengkonsumsi kandungan vitamin C, D, mineral, kalsium dan fospor pada ransum yangyang dikonsumsi ayam broiler.
  4. Pertumbuhan daging yang relatif cepat dan singkat, menyebabkan penyerapan nutrisi tulang kurang terpenuhi sehingga akan menyebabkan tulang mudah patah, retak, sendi bergeser dan kelumpuhan.
  5. Kecepatan pertumbuhan ayam broiler tidak diimbangi dengan proses penimbunan mineral pada ayam.
  6. Proses pertumbuhan dan penyempurnaan bentuktulang serta urat tidak diimbangi dengan pertumbhan daging ayam broiler sehingga tulangdan urat belum siap untuk menyangga berat badan ayam broiler setiap harinya.
  7. Ayam broiler juga dapat lumpuh dikarenakan kejepit, serangan teman dalam satu kandang dan serangan binatang lainnya

Ciri-ciri ayam yang mengalami kelumpuhan :

  • Kaki sebelah kanan atau kiri menjulur ke luar sebatas sendi. Ini terjadi akibat pertumbuhan sendi yang tak sempurna.
  • Sendi pada kaki membengkak, ayam malas berdiri. Biasanya terjadi pada ayam umur 2 mingguan, disebabkan oleh kekurangan mineral. Akibat dari kekurangan mineral /manganini sendi kaki semakin membesar, sehingga kaki menjulur ke luar atau kedepan, di mana posisi sendimenahan alas lantai.
  • Keadaan kaki lemah. Biasanya pada umur ayam 25 keatas dimana Pertumbuhan badan terlalu cepat yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan jaringan otot pada kaki sehingga tidak mampu menahan berat badan ayam. Ini akan berakibat ayam lumpuh.
  • Kedua kaki melebar ke samping kanan dan kiri. Ini juga terjadi karena kekurangan mineral, seng danjuga vitamin.
Baca juga : Manfaat Ayam Broiler yang Utama

Cara Mengatasi Ayam Broiler Lumpuh

  1. Berikan obat antibiotik yang baik dan tepat yangdisebabkan oleh agen bakteri, misalnya penyakitColibacillosis,obat yang diberikan berupa Ampicolatau Coliqum.
  2. Lakukan vaksinisasi dengan teratur dan tepat, untuk mencegah terserangnya penyakit. Vaksin yang diberikan seperti Medivac ND Clone 45 dan Medivac ND La Sota (vaksin tersebut untuk mencegah penyakit ND), sedangkan untuk penyakit yang diakibatkan oleh virus belum ada obatnya.
  3. Berikan ayam broiler multivitamin, misalnya Vita Stress dan Fortevit. Bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.
  4. Menerapkan konsepBiosecurityuntuk dapat menemalisir agen penyakit yang akan menyerangayam tersebut.
  5. Manajemen pemeliharan yang tepat, baik pemberian pakan, pergantian air minum, pemanasan kandang, kebersihan kandang dan sebagainya.
Semoga bermanfaat...

Postingan populer dari blog ini

7 Cara Praktis Menghilangkan Bau dan Lalat pada Kandang Ayam

Cara Menurunkan FCR yang Tidak Banyak Diketahui

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Kerdil

SUHU IDEAL DAN KELEMBABAN YANG PAS UNTUK AYAM

Ayam Mati Mendadak akibat panas? Ini Solusinya

Tipe Strain Ayam Bloiler

Penyakit Umum Ayam Bloiler Dan Cara Pengobatannya