7 Cara Praktis Menghilangkan Bau dan Lalat pada Kandang Ayam

Dalam sistem beternak ayam mengurangi bau kotoran ayam dalam kandang ternak sangatlah penting sekali, dan bagi peternak janganlah sekali-kali mengacuhkan untuk hal ini. Kita harus tahu terlebih dahulu penyebab, kenapa ayam kita mengeluarkan kotoran dan berefek sangat bau sekali.

Ilustrasi kerumunan lalat


Nah hal ini harus kita pelajari terlebih dahulu. Kotoran ayam yang keluar dan sangat bau biasanya disebabkan oleh beberapa aspek ;Pakan ayam sekarang banyak sekali yang beredar dengan keragaman kandungan nutrisi berupa protein yang berbeda-beda, ada yang berprotein 17% - 23%.

Nah dengan kandungan protein ini sangatlah mempengaruhi kotoran ayam nantinya jika terkonsumsi oleh penceernaan ayam, hal ini disebabkan karena pencernaan ayam tidak dapat menceerna sempurna pakan tersebut, sehingga kotoran yang keluar dari ayam masih banyak mengandung protein. Protein inilah penyebab kandang ayam sangatlah bau.

Penanganan lalat bukanlah masalah yang mudah sebab hal itu meliputi banyak faktor. Pasalnya dengan mengenali penyebab timbulnya lalat maka kita dapat menemukan cara mengatasi lalat pada kandang broiler dengan tepat.

Ada berbagai penyebab serangan lalat pada kandang broiler, diantaranya :


  • Lingkungan kandang kotor. Seperti bangkai ayam tidak dikubur dengan baik, banyaknya sampah berserakan, dan lain-lain.
  • Kondisi lingkungan kandang lembab. Lalat menyukai kondisi lembab untuk berkembang biak, terutama pada fecesyang lembab/basah.
  • Ayam sakit. Biasanya ayam yang sakit tidak bisa mencerna makanan dengan baik sehingga kotorannya lebih basah dan berisi amoniak tinggi yang disukai sekali lalat untuk berkembang biak telurnya. juga mengundang lalat.
  • Pengelolaaan penyimpanan maupun pemberian pakan yang sembarangan Banyaknya pakan yang tercecer/tumpah bisa mengundang lalat, apalagi bila pakan yang tercecer itu terkena air dan jadi lembap.
  • Lingkungan sekitar kandang jorok Lingkungan di sekeliling kita yang kotor atau jorok dapat mengundang serbuan lalat.


Para peternak usaha budidaya ayam broiler sering dibuat pusing untuk menemukan cara mengatasi lalat pada kandang broiler yang sedang dikelolanya.

Berikut ini ternak ta' akan bagikan cara-cara mengatasinya lalat dan menghilangkan bau kotoran ayam :

  1. Berikan ayam anda dengan bakteri pengurai protein, seperti probiotik.
  2. Probiotik biasanya berfungsi membantu menghancurkan protein dalampencernaan ayam, sehingga protein yang terserap kedalam metabolisme tubuh ayaam akan sangat besar dan efek dari itu akan membantu untuk percepatan pertumbuhan ayam.
  3. Micro Organisme buatan tradisional yang konon katanya sebagai jamu, itu juga merupakan salah satu probiotik yang berfungsi sebagai penghancur protein dan sebagai perangsang metabolisme ayam untuk makan lebih banyak, yang ujung-ujungnya juga berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ayam.
  4. Taburi kotoran yang ada dalam kandang dengan zeolit setiap hari.
  5. Alas kandang diganti sesering mungkinjika kelihatan basah.
  6. Kandang beserta alat-alat tempat makan dan minumnya dibersihkan setiap hari.
  7. Matikan lalat dewasa dan larvanya agar daur hidup lalat dapat dihentikan atau minimal menurunkan jumlah populasi lalat.
  8. Penyemprotan dengan desinfektan atau ramuan-ramuan yang gampang kita buat sendiri seperti campuran air tembakau, air detergen, dan air pemutih pakaian, juga salah satu campuran yang dapat berfungsi sebagai penghilang bau kotoran pada kandang ternak ayam.


Lalat umumnya menyukai pada aroma yang kurang sedap dan tempat-tempat yang kotor/jorok. Usahakan dalam kandang broiler Anda selalu diupayakan terjaga kebersihannya supaya lalat tidak menghampiri. Selain itu menjaga agar kotoran ayam tidak berbau karena bau menyengat dari kotoran ayam dapat menyebabkan lalat berdatangan padakandang ayam.

Langkah-langkah di atas tentunya adalah tindakan pencegahan yang dapat dilakukan supaya masalah lalat dapat diatasi, tetapi bila lalat tetap saja datang maka Anda dapat mempergunakan obat maupun racun lalat untuk membunuhnya

Disamping membasmi lalat dewasa alangkah baiknya Anda pun membunuh larva lalat agar daur hidup lalat dapat dihentikan atauminimal memperkecil jumlah populasi lalat yang boleh jadi datang menyerang kandangbroiler Anda. Selain itu, populasi lalat bertambah dengan amat pesat sebagai dampak yang diakibatkan dari limbah yang dihasilkan ternak, baik kotoran ternak atau pakan ternak yang tidak termakan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan FCR yang Tidak Banyak Diketahui

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Kerdil

SUHU IDEAL DAN KELEMBABAN YANG PAS UNTUK AYAM

Ayam Mati Mendadak akibat panas? Ini Solusinya

Tipe Strain Ayam Bloiler

Penyakit Umum Ayam Bloiler Dan Cara Pengobatannya