Basmi Penyakit ND Ayam Bloiler

Hai, mungkin Anda lagi galau atau sakit secara mendalam akibat frustasi memikirkan ayam Anda yang mati tergeletak dimana-mana yang sabar yah. Namanya juga usaha tidak selamanya berhasil, kadang ada gaglnya juga. Nah kali ini ternak ta' akan membantu masalah Anda untuk mengantisipasi dan mencegah penyakit yang menyerang ayam Anda khususnya ND

Tetelo (Newcastle Disease) : penyakit pada unggas besar yang fatal (mematikan). DiIndonesia penyakit ini juga populer sebagai tetelo, diambil dari nama dalambahasa Jawa,thèthèlo.

Ilustari leher terputar pada penyakit ND


Penyebab :
1. Virus Paramxyo yang menggumpal dalam sel darah.
2. Pergantian musim seperti hujan atau kemarau yang panjang, termasuk pancaroba.3. Kontak langsung dengan ayam sakit melalui udara atau binatang lain (carrier).

Gejala dan ciri ciri penyakit ND pada unggas (newcastle disease symptoms) yang tampak adalah sebagai berikut :

  1. Dilihat dari badan, awalnya unggas terlihat lesu dan lemas.
  2. Ayam terlihat selalu mengantuk dan ingin tidur.
  3. Excessive mucous di bagian trakea.
  4. Nafsu makan dan minum menurun dibanding biasanya.
  5. Gangguan pernafasan biasanya di mulai dengan batuk, bersin-bersin, ngorok, dan juga nafasnya ngap-ngapan atau tanda-tandaflu signs of the flu.
  6. Diare atau mencret, tortikolis.
  7. Radang berdarah pada proventrikulus.
  8. Banyak mengeluarkan air mata, disekitar pipi atau jenis penyakit mata.
  9. Tenggorokan padat atau membengkak.
  10. Dalam rongga mulut dan tekat terdapat lender yang pekat sehingga susah bernafas, bahkan sambilbersin dan berdehem, ia mencoba untuk mengeluarkan dahaknya.
  11. Adakalanya kelompok mata membengkak.
  12. Setelah itu ayam tampak semakin sukar bernafas dengan leher merenggang dan paruh ternganga.
  13. Balung dan piyalnya kadang berwarna merah keungu-unguan.
  14. Setelah itu ayam akan lumpuh dan dalam keadaan lumpuh itu ayam atau unggaschicken poultryakan segera mati.

Baca juga : Penyakit umum ayam bloiler

Gejala penyakit newcastle disease yang selanjutnya dalam hitungan jam atau beberapa hari (tergantung daya tahan tubuh dan penanganan), yaitu :


*jengger agak kebiruan (sulit dilihat)

*tembolok mengeras (sulit diketahui)

*nafsu makan turun drastis

Kemudian gejala newcastle disease yang sangat kritis bisa muncul yaitu : leher kejang (seperti kesulitan bernafas dengan leher ditarik memanjang dan memendek).

Penularan virus newcastle disease (ND)


Cara penularan penyakit tetelo ND dapat melalui:

#1. Udara
#2. Kontak langsung dengan unggas penderita virus NDV atau unggas yang sakit melalui kotorannya atau tinja, melalui ransum, air minum, kandang, tempat ransum atau minum, peralatan lainnya yang tercemar oleh kuman penyakit, melalui pengunjung, serangga, burung liar dan angin atau udara (penyebaranya dapat mencapai radius 5 km).

Penyebaran virus ini sangat cepat, baik melalui udara atau dari unggas ke unggas maupun dari kandang ke kandang. Cepat dan tidaknya penularanvirus ND tergantung pada berbagai faktor manajemen dan lingkungan atau tempat suatu peternakan. Keberhasilan penularan virus ND erat hubungannya dengan kemampuan virus tersebut bertahan dalam bangkai ayam atau ekskresi dari ayam sakit.

Di dalam bangkai ayam yang terinfeksi, virus NDnewcastle disease virusdapat bertahan selama beberapa minggu pada temperatur rendah atau selama beberapa tahun jika disimpan pada temperatur beku. Virus ND dalam jumlah yang banyak, pada temperatur 37○C maka virus tersebut masih akan tetap hidup selama lebih dari satu bulan.


Pencegahan dan penanggulangan
:

a. Cara pencegahan penyakit tetelo yaitu seperti

1. Memelihara kebersihan kandang

2. Kandang harus mendapatkan sinar matahari secara langsung yang cukup.

3. Penyemprotan rodalon pada kandang ayam untuk memusnahkan virus tetelo ataupun flu burung.

4. Diberikan jamu - jamu tradisional seperti kunyit, bawang, jahe, dan yang lainnya secara berkala agar kekuatan dan kekebalan tubuh unggas akan tetap terjaga. Atau juga bahan-bahan tersebut di gunakan sebagai campuran makanan poko ayam.

b. Penanggulangan :

  • Vaksinasi secara teratur sesuai petunjuk. Pemberian dilakukan dengan vaksin aktif pada umur 4 hari, 18 hari, 8 minggu dengan vaksin ND in-aktif secara intra maskular, pada umur 18 minggu diberi vaksin gabungan IB + ND in aktif secara intra maskular pula. Ulang 6 bulan kemudian. Anak ayam umur kurang 1 bulan diberi dengan cara tetes. Pada ayam dewasa diberi secara intra maskular pula.
  • Ayam yang benar benar sakit harus dimusnahkan- Aktif : Vaksin berisi bibit penyakit hidup tetapi sifatnya tidak terlalu ganas bagi ayam. Masa kekebalan 2,5bulan.


Sekian dulu, semoga frustasi Anda sedikit mereda dan bahkan tersembuhkan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.😊

Postingan populer dari blog ini

7 Cara Praktis Menghilangkan Bau dan Lalat pada Kandang Ayam

Cara Menurunkan FCR yang Tidak Banyak Diketahui

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Kerdil

SUHU IDEAL DAN KELEMBABAN YANG PAS UNTUK AYAM

Ayam Mati Mendadak akibat panas? Ini Solusinya

Tipe Strain Ayam Bloiler

Penyakit Umum Ayam Bloiler Dan Cara Pengobatannya