Cara Mengantisipasi Ayam Stres Agar Tidak berujung Kematian



Stres!

Ternyata stresnya ayam jauh lebih fatal dari manusia, kenapa demikian? Karena stres yang dialami seekor ayam bisa mengacam keselamatan dan bahkan menghilangkan nyawanya. Stres yang terjadi pada ayam bukan karena banyak pikiran ya sobat ternak ta' yang seperti kebanyakan manusia derita tapi bisa jadi karena suhu udara yg teramat tinggi.

Menurut KBBI stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar; ketegangan

Stres diartikan sebuah keadaan dimana terjadi ketegangan secara fisik/psikologis.

Stres yang terjadi pada ayam dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya tekanan eksternal seperti perubahan cuaca secara tiba-tiba, kelelahan, sakit, adanya orang yang tidak dikenal, kegaduhan, transportasi, pemeliharaan rutin, perkandangan, jumlah unggas yang dipelihara, tingkat produksi, luas kandang, perubahan air minum, perubahan ransum secara tiba-tiba, dan nutrisi pakan.

Apabila tidak segera ditangani dengat tepat stres dapat merugikan peternak.

Namun bagaimana cara mengatasi stres pada ayam agar tidak mempengaruhi produktivitas dan pertumbuhan ayam?

Stres pada ayam akan mengurangi tampilan produksi. Hal tersebut berhubungan dengan terdapatnya beberapa perubahan fisiologis dan biokimiawi di dalam tubuh ayam sepanjang terjadinya stres itu.

Beberapa tanda ayam menderita stres dicirikan dengan nampak ;

1. Kegelisahan di dalam kandang

2. Membentangkan sayap

3. Bertambahnya kecepatan respirasi atau pernafasan

4. Banyak minum untuk mengurangi suhu tubuhnya

5. Konsumsi pakan menurun

Turunnya konsumsi pakan mengakibatkan adanya penurunan pada pertumbuhan ayam.

Mengetahui cara mengatasi stres pada ayam itu penting karena bila ayam menderita stres akan menyebabkan beberapa hal, seperti rentan terserang penyakit, daya tahan tubuh menurun, dan produksi menurun.

Beberapa faktor penyebab ayam menderita stres.

1. Bibit

Induk bibit yang kurang baik kualitasnya umumnya akan memberikan keturunan yang cenderung gampang stres. Untuk mencegahnya Anda harus membeli DOC dari perusahaan pembibitan ternama yang menjamin kualitas produknya.

2. Kandang

Kandang yang tidak sehat mengakibatkan ayam tidak nyaman sehingga menimbulkan stres. Untuk mencegahnya maka kandang harus selalu dipelihara kebersihannya dan sirkulasi udara di dalam kandang pun diupayakan bisa lancar supaya kandang tidak lembap.

3. Ransum

Ransum yang diberikan pada ayam mesti disesuaikan dengan keperluan gizi dan jumlah ayam yang diternak supaya tidak menimbulkan stres. Ransum yang dijual di toko-toko pakan ayam, umumnya sudah disesuaikan dengan jenis dan umurnya menurut kebutuhan gizinya.

4. Lingkungan

Keadaan tempat peternakan yang terus berganti akan menimbulkan stres sebab ayam mesti  melakukan adaptasi terhdap lingkungan yang baru dengan cara berulang kali dan dalam jangka waktu cepat. Selain itu, suasana lingkungan kandang yang terlampau bising juga bisa membuat ayam stres.

5. Penyakit

Penyakit bisa mengakibatkan stres. Sebaliknya, stres juga bisa mengakibatkan penyakit. Apabila lingkungan, ransum, kandang, bibit, dan pengelolaannya baik, maka ayam pun jarang terkena penyakit.

Adapun cara mengatasi stres pada ayam bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ;

a. Mencari tahu hal yang menyebabkan timbulnya stres lalu menanganinya

Misalnya bila yang menyebabkan stres karena terlampau padatnya kandang, maka cara menanganinya ialah dengan mengurangi jumlah ayam di dalam kandang.

b. Berikan penambah vitamin

Vitamin adalah satu dari sekian banyaknya nutrisi yng diharapkan unggas bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelangsungan hidupnya. Satu dari sekian banyaknya vitamin yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah stress merupakan vitamin C. Vitamin C berperan dalam metabolisme glukoneogenesis yakni suatu proses penyedian energi selama stres.


Secara alamiah, ayam bisa menghasilkan vitamin C, akan tetapi pada kondisi cekaman panas, hal yang telah di sebutkan hampir tak mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproduksi vitamin C yng cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk regulasi tubuh. Menjadikan, vitamin C butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditambahkan dalam pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan ayam selama kondisi panas yng tinggi.

c. Sediakanlah tempat yng sejuk, bersih serta air yang bersih

Telah tidak sedikit diketahui bahwasanya nutrisi serta lingkungan berpengaruh terhadap keseimbangan asam serta basa. Menjadikan, mempertahankan keseimbangan asam-basa menjadi penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki performa ayam broiler dibawah temperatur tinggi serta mencegah dampak rawan dari respiratori alkalosis dari cekaman panas.

d. Penambahan Betain Pada Ransum 

Betain membantu atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan osmolaritas sel serta hal yang telah di sebutkan bisa membantu memperbaiki performa ayam selama terpapar cekaman panas.

Penambahan betain secara signifikan menaikan persentase karkas bagian dada pada ayam broiler jantan. Selain itu ayam bisa mempertahankan air di jaringan dibawah kondisi cekaman panas.

Kajian dari Nutreco R&D (2006) menunjukan peningkatan pretumbuhan sampai-sampai 2.9%, penurunan FCR sampai-sampai 4.4%, peningkatan produksi karkas sampai-sampai 6.8%, serta memperbaiki kemampuan bertahan hidup sampai-sampai 49.8% pada ayam dibawah kondisi cekaman panas.

Stress pada unggas dipengaruhi oleh tidak sedikit faktor, diantaranya

1. Tekanan eksternal semisal nutrisi pakan

2. Perubahan ransum secara tiba-tiba, perubahan air minum

3. Luas sangkar

4. Tingkat produksi

5. Jumlah ayam yang dipelihara

6. Pemeliharaan rutin

7. Transportasi

8. Kegaduhan

9. Perubahan cuaca secara tiba-tiba


Semoga bermanfaat....

Postingan populer dari blog ini

7 Cara Praktis Menghilangkan Bau dan Lalat pada Kandang Ayam

Cara Menurunkan FCR yang Tidak Banyak Diketahui

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Kerdil

SUHU IDEAL DAN KELEMBABAN YANG PAS UNTUK AYAM

Ayam Mati Mendadak akibat panas? Ini Solusinya

Tipe Strain Ayam Bloiler

Penyakit Umum Ayam Bloiler Dan Cara Pengobatannya