Hanya dalam Beberapa Langkah Sukses beternak Ayam bloiler

Tips Beternak Ayam Bloiler yang Sukses untuk Pemula. Hanya dalam Beberapa Langkah

Ilustrasi ayam bloiler

Langsung saja berikut ini ;

1. Membuat kandang ayam yang ideal

Langkah pertama untuk memulaiusaha ternak ayamadalah Anda perlu membuat kandang ayam yang ideal, bisa terbuat dari kayu, bambu, ataupun kawat; berupa panggung satu tingkat atau beberapa tingkat. Pastikan kandang ayam yang Anda buat tersebut memiliki tingkat perncahayaanyang cukup, mendapatkan pencahayaan dari matahari dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, Anda juga perlu mengatur suhu ruangan agar tetap hangat agar ayam potong selalu sehat. Dalam membuat kandangini, bagi peternak ayam petelur, Anda juga perlu memperhatikan bentuk akndang agar bisa lebih mudah dalam mengambil telur yang dihasilkan ayam.

2. Perhatikan sumber daya listrik dan air

Langkah kedua dalam memulaiusaha ternak ayam adalah dengan memastikan kandang ayam Anda mendapatkan sumber daya listrik dan air yang baik. Sumber listrik ini dibutuhkan untuk lampu penerangan ataupununtuk menghangatkan ayam, sedangkan air digunakan untuk menyediakan minum ataupun membersihkan kandang ayam.

3. Pasang peralatan

Jika kandang sudah siap pakai maka langkah selanjutnya memulaiusaha ternak ayamadalah dengan memasang peralatan pada kandang. Seperti penghangat, sekat, dan juga litter. Selain itu, Anda juga perlu memasang peralatan berupa tempat makan dan minum untuk ayam.

4. Persiapan bibit ayam

Langkah berikutnya dalam menjalankanusaha ternak ayamadalah dengan menyiapkan bibit ayam yang sehat dan gemuk. Baik peternak ayam petelur maupun potong, sebaiknya memilih bibit ayam yang berasal dari jenis ayam yang bagus. Sehinggatahan penyakit, produktif, normal perkembangan dan pertumbuhannya.

5. Perhatikan pertumbuhan ayam

Untuk menjalankanusaha ternak ayam potong, sangat penting untuk memberikan perhatian esktra 14 hari pertama untuk kesuksesan Anda. Pastikan ayam Anda tidak kedinginan dengan memberikan suhu yang hangat.

6. Berikan perhatian ekstra selama 14 hari pertama ternak anda

 Ini masa-masa yang rentan dan anda harus benar-benar memperhatikan mereka dengan cermat. Pastikan suhu udara selalu stabil dan sesuai dengan kondisi di kandang, artinya tidak terlalu dingin dantidak terlalu hangat juga.

7. Berikan pakan

Kasi pakan secara teratur dan selalu jaga kebersihan kandang serta lingkungan sekitarnya dengan baik, agar sirkulasi udara tetap sehat untuk ternak anda.

8. Setelah masa 14 hari pertama

 Pada tahap ternak akan lebih mudah dirawat. Cukup berikan pakan secara teratur 2 sampai 3 kali sehari.

9. Jangan lupa melakukan vaksinasi

Peran vaksinasi sangat penting dalam pemeliharaan, sebanyak 3 kali secara berkala, yakni: tepat pada hari ke-7, hari ke-14, dan hari ke-21.

10. Lakukan pemberian antibiotik dan vitamin

Tahap terakhir pemberian antibiotik dan vitamin. Waktunya adalah hari ke-5 sampai hari ke-10 sebelum masa panen dilakukan. Untuk vitamin tersebut, bisa anda lakukan hingga masa panen tiba.

Sumber : http://zonakaya.com/usaha-ternak-ayam-sukses/




Postingan populer dari blog ini

7 Cara Praktis Menghilangkan Bau dan Lalat pada Kandang Ayam

Cara Menurunkan FCR yang Tidak Banyak Diketahui

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Kerdil

SUHU IDEAL DAN KELEMBABAN YANG PAS UNTUK AYAM

Ayam Mati Mendadak akibat panas? Ini Solusinya

Tipe Strain Ayam Bloiler

Penyakit Umum Ayam Bloiler Dan Cara Pengobatannya