4 Cara Ampuh Menekan Kematian Ayam Bloiler

Ilustrasi ayam bloiler

Rahasia Menekan Angka Kematian Ayam Broiler
Bukan hal baru lagi jika mendengar bahkan melihat ratusan sampai ribuan ayam yang mati hal ini kerap sekali di jumpai peternak tapi tenang saja di bawah ini Anda akan menemukan solusi kunci dan rahasia menekan angka kematian ternak Anda.

* Perbaiki sekam Anda


Pastikan Sekam pada kandang di 2 minggu pertama untuk anak ayam, jangan sampai basah/ menggumpal. Sekam yang basah dapat mengakibatkan ayam mudah terserang penyakit hingga bisa menyebabkan kematian. Penyebabnya, sekam yang basah bisa membuat kumpulan amoniak dalam sekam yang banyak, sehingga akan mengganggu pernafasan DOC ayam broiler.


Terus perhatikan sekam yang digunakan di kandang pada masa-masa ini, lakukan pengerukan dan pergantian secara berkala sekam. Selain itu pula bisa lakukan penyemprotan, dan jaga aliran udara yang masuk ke kandang. Intinya adalah perhatikan kebersihan kandang dan selalu aktif merawatnya.


*
Kerapatan ayam


Perhatikan Kepadatan ayam yang terlalu padat/ sempit, maka yang terjadi adalah jumlah ayam akan melebihi jumlah kapasitas kandang yang akan membuat kotoran ayam lebih banyak dari jumlah sekam di kandang. Hal ini akan menyebabkan sekam tidak dapat dengan baik menyerap kotoran ayam tersebut yang terjadi kemudian adalah kotoran ayam menumpuk lalu membuat kadar amoniak kandang menjadi tinggi. Ini yang membuat ayam mudah terserang penyakit ayambroiler bahkan kematian.


Selalu jaga kepadatan ayam di kandang tersebut, dan lakukan pelebaran kepadatan ayam 2-3 hari sekali begitu pula dengan peralatan makan dan minum.


* Turun sekam dini


Tindakan menurunkan sekam yang terlalu cepat bisa mengakibatkan ayam mudah stress. Hal ini yang menyebakan ayam broiler mudah terserang penyakit. Dengan turun sekam terlalu dini, ayam akan mudah diserang hewan seperti nyamuk dan lainnya karena antibodi yang menurun. Juga dapat mempengaruhi perkembangan peningkatan bobot badan harian atau biasa disebut ADG (Average Dialy Gain).


Tindakan penurunan sekam dilakukan bertahap 2-3 hari sekali. Pada saat proses turun sekam, akan mengubah pola makan dan minum ayam, jadi itu alasan kenapa proses turun sekam kandang tidak dapat dilakukan sehari langsung.


* Tirai kandang


Pengaturan dan Penggunaan buka tutup tirai kandang bertujuan agar sirukulasi udara didalam kandang menjadi baik, dan meningkatkan kadar oksigen serta mengurangi bau amonia serta gas berbahaya lain di dalam kandang ayam broiler.


Pengaturan buka tutup tirai ini sangat penting terutama pada saat masa brooding untuk mengoptimalkan suhu pemanas pada brooder. Jika pengaturan tirai tidak difungsikan dengan baik maka akan berakibat kepada ayam, dengan umur 1-2 minggu ini. Karena sirkulasi udara yang kurang baik dikandang menyebabkan menumpuknya amoniak di dalam kandang, dan berkurangnya aliran oksigen dalam kandang. Hal ini juga menyebabkan ayam broiler mudah terserang penyakit dan bahkan mati pada masa-masa ini.


Perhatikan dalam pemasangan tirai dalam dan tirai luar. Tirai dalam difungsikan untuk mengoptimalkan panas dari brooder pada pagi dan malam sehingga DOC broiler mendapatkan suhu yang optimal. Tirai Luar digunakan untuk menjaga temperatur, kelembaban kandang serta aliran udara. Kemudian sesuaikan penggunaan tirai dengan kondisi lingkungan wilayah peternakan. Karena tidak semua lingkungan peternakan memiliki faktor suhu, kelembaban, angin yang sama.


Jadi tidak ada patokan bagaimana secara pasti penggunaan buka tutup tirai ini. Dibutuhkan kemampuan peternak dalam memahami tingkah laku ayam dan kondisi lingkungan.


* Tempat Pakan


Sesuaikan tempat pakan ayam Saat umur ayam 3 minggu, seharusnya tempat pakan yang digunakan adalah tempat pakan tabung, karena penggunaan baby chick pada umur ayam broiler ini, akan menyulitkan kepala ayam masuk ke tempat makan baby chick. Ini sebenarnya kesalahan dasar para peternak ayam broiler. Ini akan menurunkan komsumsi pakan pada ayam. Serta menurunkan ADG ayam broiler.

Baca juga :
Penyebab Ayam Ngorok
Teknik Perawatan Ayam Bloiler
Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Kerdil

* Vitamin


Pemberian vitamin Pada saat ayam turun sekam sangat di perlukan karena tingkat strees ayam lebih tinggi. Jadi vitamin dan obat anti stress harus dijaga. Dengan keadaan ayam yang mengalami stresspada masa ini, peternak ayam harus menyadari jika nafsu makan ayam akan berkurang. Jadi peternak harus memberikan vitamin dan suplemen agar menjaga konsumsi ayam pengganti pakan



Postingan populer dari blog ini

7 Cara Praktis Menghilangkan Bau dan Lalat pada Kandang Ayam

Cara Menurunkan FCR yang Tidak Banyak Diketahui

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Kerdil

SUHU IDEAL DAN KELEMBABAN YANG PAS UNTUK AYAM

Ayam Mati Mendadak akibat panas? Ini Solusinya

Tipe Strain Ayam Bloiler

Penyakit Umum Ayam Bloiler Dan Cara Pengobatannya