Rahasia Sederhana Mendapat Hasil Besar Hanya dengan Menjaga Kebersihan Ayam Bloiler

Ilustrasi menjaga keberihan skan


Salah satu rahasia sederhana keberhasilan terjaganya kualitas kesehatan ayam adalah dengan menjaga kandang ayam broiler tetap bersih dan bebas dari hama, bakteri, dan penyakit seperti mengeruk skan setiap 3 (tiga) hari sekali agar tidak lembap sehingga menimbulkan kenyamanan bagi ayam.


Peternakan yang memiliki kandang ayam broiler yang terjaga akan menghasilkan daging ayam yang berkualitas tinggi. Peternak yang selalu menjaga kebersihan kandang ayam broilernya merupakan salah satu peternak yang mementingkan kualitas peternakannya.

Kandang ayam broiler yang terjaga sanitasinya dan bebas dari hama, bakteri, dan penyakit pada akhirnya akan menghasilkan bibit-bibit ayam yang sehat, kuat, dan terbebas dari penyakit. Ayam-ayam yang sehat, kuat, dan terhindar dari penyakit ini akan memberikan hasil panen yang baik dari sisi kualitas dan kuantitas. Dari sisi kualitas, daging ayam broiler akan lebih sehat, gemuk, dan layak untuk dikonsumsi sehingga dapat memberikan asupan nutrisi bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Sedangkan dari sisi kuantitas, hasil panen akan semakin banyak dikarenakan ternak ayam terbebas dari terjangkitnya penyakit.

Pada musim pancaroba, cuaca cenderung berubah-ubah secara mendadak dan tidak menentu. Hal ini cenderung menyebabkan suhu lingkungan sering naik turun secara cepat. Kalau kondisi dan ketahanan tubuh kurang baik, ayam bloiler akan mudah terkena stres. Akibatnya ayam mudah terjangkit penyakit yang bisa mengakibatkan ayam lesu dan menurunkan nafsu makan ayam. Agar ayam tidak mudah terserang penyakit, kebersihan kandang haruslah menjadi prioritas utama dalam pengelolaan kandang ayam. Kandang harus dibersihkan secara rutin untuk memastikan kandang bebas dari bakteri dan virus yang bisa menyebabkan penyakit ayam yang mematikan.

Kandang yang bersih bebas dari kotoran ayam yang menumpuk dan mendapatkan perhatian khusus dengan menyemprotkan desinfektan pada waktu pembersihan kandang. Pembersihan kandang pun harus dilakukan secara rutin, tidak boleh menunggu kotoran ayam sampai menumpuk agar bakteri dan kuman tidak berkembang biak di dalam kandang. Kadang biasanya juga menjadi tempat makan dan minum ayam, maka dari itulah kandang ayam harus tetap hygine agar pakan dan minum ayam tidak terkontaminasi bakteri dan virus yang dapat mengganggu kelangsungan hidup ayam. Kebersihan kadang ayam adalah pangkal kesehatan bagi ayam sehingga ayam bisa lebih produktif lagi karena kandang yang bersih dan sehat.

Peternak yang dengan rutin menjaga kebersihan kandang ayam broiler di peternakannya juga akan menghasilkan daging ayam yang berkualitas tinggi dan menjadi salah satu faktor kesuksesan peternak usaha ayamnya. Kalian para bredeer (peternak) mungkin paham bahwa salah satu penunjang keberhasilan peternak tidak terlepas dari manajemen yang baik salah satunya manajemen kebersihan.

Jagalah kebersihan kandang Anda untuk mencapai hasil yang maksimal baik itu dari tempat pakan, tempat air minum ayam Anda sampai semua yang kotor harus Anda bersihkan karena itu akan mempengaruhi kebaikan ayam Anda.



Postingan populer dari blog ini

7 Cara Praktis Menghilangkan Bau dan Lalat pada Kandang Ayam

Cara Menurunkan FCR yang Tidak Banyak Diketahui

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Kerdil

SUHU IDEAL DAN KELEMBABAN YANG PAS UNTUK AYAM

Ayam Mati Mendadak akibat panas? Ini Solusinya

Tipe Strain Ayam Bloiler

Penyakit Umum Ayam Bloiler Dan Cara Pengobatannya